Decking Komposit sebagai Decking Kayu Outdoor Terbaik dan Terpopuler

Decking komposit dengan sangat cepat menjadi alternatif decking kayu atau lantai kayu terbesar di pasar Indonesia saat ini. Meskipun sering dab banyak digunakan dalam berbagai bidang, tetapi apa sebenarnya decking komposit ini sehingga mampu menjadi produk terpopuler dan terbesar di pasaran decking kayu dan lantai kayu Indonesia saat ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan berikut  mengenai decking komposit.

Decking Komposit

Decking Komposit

Apa itu decking komposit?

Decking komposit adalah produk material penganti kayu konvensional untuk bangunan buatan manusia yang terbuat dari campuran serbuk kayu jati, biji plastik, dan bahan kimia ramah lingkungan. Semua campuran ini kemudian dicampur menjadi satu dan dipanaskan, dibentuk menjadi papan panjang, dan kemudian didinginkan.

Apa manfaat dari decking komposit kayu?

Decking komposit hadir sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan kayu. Decking komposit memiliki satu manfaat besar dibandingkan decking kayu asli tradisional, Decking Komposit ini membutuhkan perawatan yang jauh lebih sedikit. Decking komposit tidak akan melengkung atau retak dan lapuk jika diletakkan di bawah sinar matahari langsung secara terus menerus. Memiliki sifat bebas terhadap serpihan, sehingga memungkinkan decking komposit menjadi tahan terhadap noda dan pudar. Decking Komposit memiliki penyerapan air minimal yang berarti mereka sangat tahan slip dan dapat digunakan di sekitar kolam dan area basah. Daya tahan decking komposit yang tinggi memungkinkan decking memiliki umur yang jauh lebih lama daripada produk kayu asli tradisional, yaitu sekitar 15-25 tahun atau lebih lama lagi.

Baca Juga : Buat Suasana Rumah Makin Natural Lewat 8 Ide Dinding Kayu Ini!

Jenis-jenis Decking Komposit Kayu yang Ada di Pasaran

Saat ini ada dua jenis decking komposit kayu di pasaran, yaitu capped dan uncapped. Berikut ini adalah penjelasan kedua jenis tersebut. Uncapped composite decking atau yang biasa disebut dengan decking terbuka adalah jenis decking yang tidak memiliki perlindungan. Meskipun jenis decking ini bersifat kuat dan keras, mereka diberikan perlindungan terhadap noda dan warna. Tetapi dalam beberapa bulan pertama decking komposit mungkin dapat memudar dengan keluarnya sejumlah kecil residu tanin (minyak kayu) dari papan setelah terkena berbagai faktor lingkungan karena ada penyesuaian anti uv di lokasi outdoor.

Baca Juga : 9 Ide Partisi Minimalis Ini Bisa Buat Ruanganmu Tampak Lebih Luas!

Capped composite decking atau yang biasa disebut dengan decking tertutup adalah jenis decking yang memiliki perlindungan. Decking ini diberikan lapisan plastik eksterior, yang berarti bahwa decking ini menjadi sangat tahan terhadap pemudaran dan noda. Papan mudah dibersihkan dan dijaga warnanya saat terpapar lingkungan. Lapisan plastik eksterior ini adalah penggunaan UltraShield dan High-density polyethylene (HDPE).

Decking Komposit

Decking Komposit

UltraShield sendiri adalah sebuah teknologi canggih yang berupa lapisan perisai premium yang membungkus semua sisi di sekitar inti decking komposit kayu. Sedangkan, high-density polyethylene (HDPE) digunakan pada bagian inti decking komposit kayu. Bahan ini dibuat dari bahan daur ulang yang dipilih secara hati-hati berdasarkan kayu daur ulang yang sangat padat dari hardwood dan softwood fiber sehingga memungkinkan inti decking komposit kayu memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih lama.

Decking Komposit

Decking Komposit

Baca Juga : 8 Jenis Plafon Kayu Cantik Yang Buat Tetangga Kamu Kagum

Itulah berbagai penjelasan mengenai decking komposit sebagai produk terpopuler dan terbesar di pasaran. Bagi Anda yang ingin memperoleh berbagai produk decking komposit kayu dengan perlindungan UltraShield dan High-density polyethylene (HDPE), maka Anda dapat memperolehnya melalui PT Kayu Asri Indonesia Dengan Muhammad Farid 0811-1153-394, 0811-8593-159, 021-2943-0761. Tidak hanya menyediakan berbagai produk decking komposit kayu, Kayu Asri juga menyediakan berbagai produk kayu komposit lainnya untuk aplikasi lantai, dinding, pagar, plafon, partisi dan facade. Untuk informasi lebih lanjut, maka Anda dapat memperolehnya disini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *